Sibosnetwork’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Roy Inkiriwang: Diplomat yang Mengandalkan Tuhan

Penampilannya sederhana dan familiar. Namun dari tutur katanya sangat tergambar indentitas seorang diplomat yang berwibawa. Ialah Drs Immanuel Robert Inkiriwang M.IR, calon Duta Besar RI untuk Republik Bulgaria berkedudukan di kota Sofia merangkap Republik Albania. Ketika berbincang denganTabloid SINERGY di Hotel Quality saat kunjungan kerja Tim Duta Besar beberapa negara sahabat, diManado, Tomohon, Bitung dan Minahasa.

Roy –begitu sang diplomat ini akrab disapa— dengan tersenyum tenang mengatakan, seorang diplomat memang kita dituntut untuk berperilaku seperti itu. Menurut Roy, penampilannya seperti ini bukan dibuat-buat. “Kita memang didik untuk melakukan hal-hal yang seperti ini. Karena sering mewakili negara di daerah mana kita bertugas.” Diplomat karir yang telah memulai karir sebagai diplomat di Departemen Luar Negeri (Deplu) sejak tahun 1981 ini sebagai Staf Direktorat Kerjasama Ekonomi Multilateral.  Ada suatu kebanggaan bagi kita warga Sulut karena Wakil tetap PBB pertama RI di New York (NY) adalah Babe Palar (LN Palar).

“Nah, untuk menjadi diplomat harus melalui tahapan magang dulu seperti praktek kerja selama satu tahun, dan kita ada enam orang yang melakukan magang di perwakilan PTRI, kemudian hanya dua yang terpilih untuk tinggal tetap di NY waktu itu salah satunya saya. Namun, keberhasilan meraih semua ini bukan karena kekuatan dan kepintaran saya, melainkan hanya oleh Kasih karunia Tuhan. Andalkan Tuhan dalam segala hal,” aku pria energik ini.

Roy pun lantas bertutur pejalanan hidupnya sampai dinominasikan menjabat Dubes Bulgaria kini. Awalnya, saat terpilih sebagai perwakilan PTRI ada suatu kebanggaan, karena kita mewakili Republik Indonesia. Jadi walaupun jabatan masih sebagai atase waktu itu, tapi mereka tidak melihat jabatan kita, tapi nama Indonesia. Perwakilan RI di Amerika ada dua satu di NY dan di Jenewa. Selama empat tahun setengah berada di perwakilan PTRI NY, saya juga mendapat tugas tambahan menjadi pembantu inti court of assistant dari kelompok 77 yang terdiri dari negara-negara berkembang, Asia Afrika dan Amerika Latin, di forum PBB yang menyangkut masalah ekonomi. Dimana Ketua kelompok 77 ini bergantian. Dengan pengalaman ini kita dilatih belajar berpidato, berdebat dan sebagainya. Sesudah itu, kembali ke Deplu sebagai Kepala Seksi Direktorat Jendral Hubungan Ekonomi Luar Negeri.

Selanjutnya mendapat tugas sebagai Kepala Bidang Ekonomi di Konsulat Jendral Republik Indonesia (KJRI) di Los Anggeles (LA) tahun 1990 sampai 1993. “KJRI ini kan bilateral hanya hubungan antara Indonesia dengan Amerika Serikat, lebih konkrit. Dimana kalau tugas sebagai multilateral hanya melakukan negosiasi Negara-negara anggota PBB termasuk rancangan keputusan. Kalau Bilateral hanya hubungan langsung dengan pihak pengusaha dan hubungan dengan masyarakat Indonesia di Negara Amerika.

Kembali dari KJRI di Los Anggeles, ditugaskan lagi ke Direktorat Kerjasama Ekonomi Negara Berkembang di Deplu dan kembali melanjutkan tugas ke PTRI NY di sekretariat Gerakan Nonblok, yang kebetulan waktu itu Indonesia sebagai ketuanya. Nah, Badan Pelaksana Ketua Gerakan Nonblok (BPKGN) yang waktu itu Duta Besar sekaligus ketuanya Nana Sutresna. Selama Indonesia menjadi ketua Gerakan Nonblok, berhasil melakukan mitra pembangunan antara negara berkembang dengan negara maju.

Kendati sebelumnya ada gap antara negara berkembang dengan negara maju.

Tahun 1996, Ketua Gerakan Nonblok di ganti oleh Kolombia. Posisi Indonesia, sebagai negara yang membantu Kolombia karena kita mantan ketua Gerakan Nonblok. Sesudah itu, pada tahun 1997 kembali dipercayakan mewakili Indonesia sebagai Deputi Sekretaris Jendral Asia selama tiga tahun. Dan tahun 2000 kembali ke Deplu sebagai Direktur Pengembangan Kerjasama Asean, di Direktorat Kerjasama Asean. Sesudah dua tahun kemudian terjadi restrukturisasi di Deplu, namun saya tetap dipercayakan sebagai Direktur Kerjasama Fungsional

Asean, yang menangani bidang pendidikan, penanggulangan Narkoba, pembangunan desa dan pengentasan kemiskinan, kerjasama pemuda dan sosial. Setelah ditugaskan di beberapa bagian ini, kembali pemerintah Indonesia mempercayakannya sebagai Kepala Perwakilan Wakil Duta Besar RI di Austria yang berkedudukan di Wina pada medio Februari 2004. Dengan tugas utama, menangani dua diplomasi yakni multilateral (kerjasama dengan badan-badan PBB) dan bilateral (kerjasama dengan pemerintah Austria). Dan sekarang akan dipercayakan sebagai duta besar untuk Republik Bulgaria berkedudukan di kota Sofia merangkap Republik Albania. Menurut pria Kakas-Langowan ini, semua apa yang dia raih termasuk jabatan dan pengalamannya karena kemurahan Tuhan. Karena itu ”Jangan sekali-kali melakukan sesuatu, tanpa mengandalkan TUHAN.” (Otnie/Wilson)

Drs Immanuel Robert Inkiriwang M.IR

Tempat/Tgl lahir: Manado, 24 Agustus 1950

Nama Ayah: Emile Wilhemus Inkiriwang (Kakas)

Nama Ibu: Corry Elvira Elline Dendeng (Langowan)

Istri: Felly Rose Andrea Sayson Inkiriwang

Tempat/Tgl lahir: Bacalod-Filipina, 23 Juli 57

Anak-anak:

(1). Immanuel Denga Hose, MBA, IB

(2). dr Maria Reyna Elline

(3). Corry Felisa Gabrielle

Pendidikan:

SD, Filipina. SMP-SMA, Manado,

Sarjana, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Magister, University Filipina

Pengalaman Karir:

-Staf Direktorat Kerjasama Ekonomi Bilateral tahun 1981

-Magang di perwakilan PTRI Amerika Serikat

-Pembantu inti court of assistant dari kelompok 77

-Kepala Seksi Direktorat Jenderal hubungan ekonomi luar negeri

-Kepala Bidang Ekonomi KBRI di Los Anggeles (LA) 1990-1993

-Sekretariat Gerakan Nonblok PTRI NewYork

-Mewakili Indonesia sebagai Deputi Sekretaris Jendral Asia 1997-2000

-Direktur Pengembangan Kerjasama Asean, Direktorat Kerjasama Asean Deplu tahun 2000-2002

-Direktur Kerjasama Fungsional Asean tahun 2002-2004

-Kepala Perwakilan Wakil Duta Besar RI di Austria yang berkedudukan di Wina tahun 2004-2007

-Kandidat Duta Besar Republik Bulgaria dan Republik Albania, 2007

May 19, 2009 - Posted by | Personal

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: