Sibosnetwork’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

WOC Populer Sampai Pelosok Desa

          Sejak ide menggelar WOC di Manado digulirkan Gubernur SH Sarundajang, masyarakat Sulut seolah-olah terhipnotis. Tak heran dukungan terus mengalir dari semua lapisan masyarakat. Memang ada yang bernada agak pesimis, tetapi sebagian masyarakat optimis bahwa WOC akan membawa berkah bagi warga Bumi Nyiur Melambai.

Masyarakat dunia memang dibuat terperangah atas pemaparan Gubernur Sarundajang karena isu yang diangkat adalah masalah laut dan perubahan iklim global. Makanya negara-negara yang konsen dengan laut sangat tertarik sehingga ada satu lembaga LSM dunia yang akan membahas tentang WOC di Vietnam.

Sukses Sulut makin lengkap setelah pemerintah pusat mengeluarkan Keppres No 23 tahun 2007 sebagai bukti dukungan kongkrit. Bahkan dana yang akan digunakan pun dipasok dari pusat. “Daerah hanya mengeluarkan dana sedikit,” kata Gubernur SH Sarundajang kepada wartawan.

Sehubungan dengan WOC yang tinggal 12 bulan lagi, Sulut harus benar-benar siap. Sebab tamu-tamu international itu harus mendapat pelayanan standar international, termasuk di bidang kesehatan. “Tamu-tamu international  akan lihat fasilitas kesehatan bertaraf international. Makanya akan dibangun rumah sakit  bertaraf international,” kata Deisy Mantiri, Wakil Sekretaris  Panitia WOC 2009.

Bukan hanya itu, Sulut masih memiliki satu tahun lagi waktu untuk membenahi SDM terutama kalangan perhotelan dan restoran, para sopir taksi untuk menjadi tuam rumah yang baik. “Selama ini warga merasa tarif sopir taksi mahal dari bandara ke Manado. Sebenarnya cukup 50 ribu saja, bukan Rp 75.000,” katanya.

Begitu juga dengan sektor pariwisata,  perlu dibuatkan paket wisata kuliner misalnya,  menonjolkan kain Bentenan yang menjadi ciri khas daerah Sulut, kelapa dalam varietas Mapanget dan Tenga  yang kini menjadi andalan untuk meningkatkan produksi kelapa di Sulut.

Bahkan sesudah conference, panitia akan menggelar sebuah acara istimewa berupa exclution untuk menawarkan trade-trade yang menguntungkan, trip-trip wisata dan lain-lain. “Kami sudah koordinasi dengan pihak PHRI, travel. Makanya kami berharap ada pelaku  usaha masuk Sulut untuk mendukung WOC,” katanya seraya menambahkan, pemerintah akan memberikan kemudahan, fasilitas. Industri kecil juga akan bergairah karena dampak ekonomi yang ditimbulkan dari perhelatan bertaraf international ini.

Kepala Dinas Infokom, AJ Tumengkol menjelaskan, pihaknya sudah melakukan soialisasi WOC sampai ke desa-desa agar mendapat dukungan semua lapisan mayarakat dengan mengandalkan satu unit kendaraan dari Departemen Kominfo. Infokom membentuk tim khusus sosialisasi WOC sehingga tante – tante dan oom-oom  di seluruh pelosok sekarang tahu apa itu WOC.

Menurutnya, WOC adalah langkah awal. Bahkan sekarang sudah ada manfaat dengan mengucurnya dana triliun rupiah dari pusat untuk persiapan WOC tahun 2009 yang pada gilirannya mampu menyerap tenaga kerja. “Ini juga promosi gratis bagi Sulut di mata international sehingga akan datang banyak orang sebagai wisatawan,” katanya.

Diakui WOC memang hanya sebuah konferensi dunia kelautan, tetapi masyarakat diminta untuk menunjang dari segi keamanan dan ketertiban, kebersihan serta meningkatkan SDM. “Kita jangan jadi tamu di daerah sendiri. Pariwisata bisa dijual dengan kearifan lokal yang menarik minat para turis mancanegara,” katanya.

Sementara Dinas Perindag Sulut melalui Kadis Perindag Sulut, Gemmy Kawatu, SE bertekad untuk mendukung WOC. “Kami akan mendesain produk-produk kerajinan lokal untuk souvenir para wisatawan ,” tambahnya.(meldi)  

March 15, 2008 - Posted by | TrustNews

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: