Sibosnetwork’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Supit Fokus Pendidikan dan Kesehatan Murah

Tonny Supit

Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten (Pilkada) Kabupaten Sitaro (Siau, Tangulandang, Biaro) direncanakan nanti berlangsung bulan Agustus 2008, atau mengalami penundaan dari rencana sebelumnya, antara bulan April dan Mei. Sejumlah figur populer yang dijagokan masyarakat memimpin kabupaten pemekaran dari kabupaten induk, Sangihe itu terus bermunculan. Bahkan belakangan kian mengkristal saja pada beberapa nama yang dinilai layak untuk bertarung memperebutkan tampuk kekuasaan.

Masyarakat Sitaro disuguhkan figur-figur yang berkualitas dan diharapkan mampu membangun daerah baru tersebut agar sejajar dengan kabupaten lainnya. Tentu harus dipimpin oleh figur yang memiliki niat baik dan semangat untuk membangun Sitaro ke depan menjadi kabupaten yang bermartabat dan berdaya saing, terutama bisa mensejahterakan rakyatnya. Sebab, salah satu tujuan pemekaran adalah mendekatkan pelayanan birokrasi kepada masyarakat dan mempercepat proses peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Salah satu figur yang sedang menjadi idola sekarang ini adalah Tonny Supit, Ketua PDIP Kabupaten Sitaro yang kini digadang-gadang untuk memimpin daerah kepulauan itu ke depan. Pengusaha yang rendah hati ini kian mengkristal untuk menjadi bakal calon bupati Sitaro, bersaing dengan nama-nama lainnya yang sedang hangat dibicarakan.

Dalam suatu percakapan khusus dengan Sinergy di sebuah kafe di Megamall Manado, Tonny Supit yang tampil sederhana itu melayani sejumlah pertanyaan yang mengarah pada bagaimana konsep membangun Sitaro jika dikehendaki rakyat untuk menjadi top eksekutif. Ia pun tidak muluk-muluk menjanjikan sesuatu yang sulit untuk diwujudkan, tetapi yang pasti dalam benak Tonny Supit, ide membangun Sitaro sudah jelas dan terukur. Artinya, program yang ditawarkan benar-benar bisa dikerjakan sehingga masyarakat langsung merasakannya. Bukan janji kosong yang pada akhirnya menyakiti hati rakyat.

Dalam benak Tonny Supit, tersimpan ide-ide bagaimana membangun Sitaro ke depan, terutama konsep ekonomi sebagai pintu masuk mensejahterakan masyarakat. Sebab Sitaro kaya akan hasil laut dan pertanian, tetapi selama ini belum digarap sehingga belum mampu mensejahterakan masyarakat di kepulauan itu. “Program saya cukup sederhana, yaitu menciptakan suatu keadaan dimana rakyat mampu membeli bahan pokok dengan harga terjangkau, pendidikan murah, kesehatan murah, menciptakan lapangan kerja dan transportasi laut yang lancar,” kata pengusaha kapal laut KM Elizabeth ini ketika memulai memaparkan konsep membangun Sitaro.

Jika rakyat memberikan dukungan kepada anda untuk memimpin Sitaro, anda mencipta-kan kondisi harga sembilan bahan pokok yang mudah terjangkau oleh semua kalangan masyarakat, termasuk ekonomi menengah ke bawah. Bagaimana caranya?

Fokus utama saya adalah bagaimana memperkuat ekonomi rakyat dengan menciptakan lapangan kerja sehingga daya beli masyarakat meningkat. Dengan demikian mereka bisa membeli kebutuhan pokok.Untuk menciptakan harga yang terjangkau, maka transportasi laut yang menjadi tulang punggung masyarakat Sitaro harus diperlancar. Sebab kelancaran pasokan kebutuhan bahan pokok sehari-hari sering terhambat karena transportasi laut yang kurang lancar. Soalnya selama ini frekuensi kapal laut yang menuju Sitaro hanya tiga kali seminggu. Makanya saya akan upayakan agar setiap hari ada pelayaran dari Manado ke Sitaro biar pasokan bahan kebutuhan pokok berjalan lancar.

Begitu juga kebutuhan akan bahan-bahan bangunan, selama ini sering mahal karena pelayanan yang kurang lancar, apalagi kalau laut tidak bersahabat. Inilah yang menjadi kendala selama ini dan harus dicari jalan keluarnya.

Mengapa sampai frekuensi pelayaran hanya tiga kali dalam seminggu?

Sebenarnya yang namanya pengusaha, selain harus memperhatikan masalah-masalah sosial kemasyarakatan, tetapi juga harus untung agar usahanya bisa bertahan. Nah, selama ini pelayaran hanya tiga kali seminggu karena memang berlaku hukum permintaan dan penawaran. Jika penumpang dan barang terbatas, jelas pengusaha rugi kalau setiap hari harus berlayar.

Lalu, bagaimana caranya agar pelayaran setiap hari tanpa merugikan pengusaha?

Oh kalau itu tidak sulit. Kita jujur saja bahwa jika pengusaha bangkrut karena hanya memikirkan kepentingan masyarakat, maka jelas roda perekonomian juga ikut mandeg. Maka dalam hal ini perlu dicari jalan keluar dengan cara subsidi. Artinya begini, ketika penumpang atau barang tidak mencukupi untuk menutupi biaya operasional sebuah pelayaran, Pemerintah daerah harus berani mensubsidi. Saya kira hal seperti ini sudah dilakukan dalam dunia penerbangan Manado-Tahuna dimana Pemkab Sangihe pernah menerapkan kebijakan ini yaitu memberikan subsidi para perusahaan penerbangan agar bisa rutin melayani Manado-Tahuna. Begitu juga dengan Gubernur Gorontalo Fadel Muhammad, dia berani memberikan subsidi kepada perusahaan penerbangan yang berani melayani jalur dari dan ke Gorontalo. Makanya sekarang Gorontalo berkembang.

Mengenai program pendidikan dan kesehatan murah, apa saja yang bisa anda lakukan?

Dalam membangun suatu daerah, kita jangan terpaku pada pembangunan fisik sementara pembangunan sumber daya manusia terabaikan. Sebab ini sangat penting sebagai modal bahkan aset suatu daerah untuk maju ke depan agar sejajar dengan daerah lain bahkan bisa bicara di tingkat nasional. Jika SDM kita payah, bagaimana mungkin warga Sitaro bisa membangun daerahnya. Untuk itulah, pendidikan sejak dini itu penting sehingga dalam program ke depan jika rakyat menginginkan dan Tuhan menghendaki, saya akan memberikan pendidikan murah bagi setiap putra daerah. Memang membangun SDM tidak semudah membalik telapak tangan, tetapi butuh proses yang panjang. Tetapi itu harus dimulai sehinga ke depan SDM warga Sitaro tidak akan diragukan lagi.Begitu juga dengan bidang kesehatan, akan menjadi perhatian yang serius karena warga yang tidaks sehat tentu akan menganggu proses pembangunan. Apa lagi sebagian warga Sitaro masih berada di bawah garis kemiskinan sehingga kesehatan murah sangat dibutuhkan.

Lalu bagaimana caranya memberikan pendidikan murah dan kesehatan murah?

Ya kita harus memanfaatkan dana-dana yang ada, baik dari pemerintah pusat maupun daerah yang digali dari Pendapat Asli Daerah (PAD) untuk kepentingan rakyat banyak. Saya kira kepentingan rakyat harus diutamakan sehingga mereka bisa merasakan manfaatnya sebagai daerah pemekaran baru, yaitu dengan memberikan pelayanan terbaik tanpa birokrasi yang dibuat sulit.Sebagai seorang pengusaha, saya tidak terbiasa dengan politik. Makanya ke depan untuk membangun Sitaro saya akan berupaya tidak terkontaminasi dengan manuver-manuver politik hanya untuk mempertahankan kekuasaan dengan mengabaikan penderitaan rakyat.

Tentang konsep menciptakan lapangan kerja bagaimana?

Oh ya, untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi, dibutuhkan investasi untuk menggerakkan ekonomi suatu daerah. Tanpa investasi, suatu negara atau daerah tidak akan berkembang. Nah, investasi itu datang dari sektor swasta dan pemerintah itu sendiri. Untuk itulah, Sitaro yang memiliki kekayaan alam yang melimpah yaitu laut dan tanah yang subur perlu digarap. Caranya mendatangkan investor yang siap mengelola kekayaan alam tersebut. Diakui, Sitaro memang kaya akan potensi perikanan dan pertanian, tetapi selama ini belum digarap. Nah, satu-satunya cara adalah mengundang investor untuk mengelolanya. Dengan demikian, akan tercipta lapangan kerja dan pada gilirannya memacu pertumbuhan ekonomi suatu daerah.

Mana yang lebih penting, membangun sektor perikanan atau pertanian

Saya kira kedua-duanya penting karena sekitar 30 persen warga Sitaro adalah berprofesi sebagai nelayan, dan sekitar 40 persen menekuni bidang pertanian dan perkebunan. Keduanya harus berjalan seiring sesuai dengan potensi masing-masing.

Apa rencana anda di bidang birokrasi jika nantinya dipercayakan menjadi top eksekutif.

Sesungguhnya, sukses tidaknya visi misi yang saya buat, harus ditopang dengan birokrasi yang handal dan loyal serta berdedikasi tinggi. Tentu saya harus menata birokrasi dengan baik, menempatkan putra-putra daerah yang memiliki kemampuan/kompetensi dalam bidangnya masing-masing sehingga begitu jalan, langsung tancap gas. Adalah sangat riskan kalau menempatkan birokrasi yang bukan pada keahliannya sehingga waktunya habis untuk belajar dan menyesuaikan diri dengan bidang tugasnya. Makanya penempatan figur birokrat harus sesuai bidang keahliannya (kompetensi) masing-masing. Nah, visi Tonny Supit untuk membangun Sitaro ke depan sudah jelas bahkan cukup sederhana dan mudah dipahami oleh masyarakat. Tinggal tergantung masyarakat menentukan pilihan sesuai dengan hati nurani. Jalan menuju top eksekutif bagi Supit terbuka lebar karena telah memiliki kendaraan atau Partai Politik yaitu PDIP Sitaro. Sebab, sebagai Ketua PDIP Sitaro tentu akan diutamakan untuk menggunakan Partai yang dipimpinnya. Tinggal bagaimana mencari pendamping yaitu posisi Wakil Bupati yang mampu mendulang suara secara signifikan. Pilihan tergantung pada Supit, karena yang mendaftar di PDIP Sitaro sebagai calon Bupati ada beberapa antara lain Zeth Walo, SSos (Golkar), Piet Kuerah (Golkar) dan Jackried Maluenseng. Sementara posisi bupati ada nama Tonny Supit dan Gustaf Kuning. (meldi s)

March 15, 2008 - Posted by | Personal

1 Comment »

  1. saya senpat mengikuti perkembangan pemilihan pilkada di kabupaten sitoro,,,yang begitu sangat menegangkan

    karna kebetulan saya merupakan salah satu putra daerahyang tepatnya di kelurahan akesimbeka kab sitaro,prop:sulut maka saya merasa perlu unutk mengikuti perkembangan politik yang trejadi di tempat asal saya.

    saya hanya bisa perharap kiranya Bpk Tony Supit yaang sebagai kepalah daerah trpilih dapat dan sanggup membawah kota sitatro yang masih sangat-sangat mudah unutk lebih kearah yang lebih baik, dan dapat bersaing dengan kabupaten2 yang lain,kinerja usaha,dari bapak bupati Siau, Taggulandang, dan Biaro akan selalau mendapat dukungan dari masyarakat,,,,selamat dan sukuses utuk bapak Tony Supit Tuhan Yesus Membaerkati….Amain

    Comment by steev barri | October 6, 2008 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: