Sibosnetwork’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Karinda: Manado Sangat Diuntungkan

 James Karinda

Konferensi Kelautan Dunia tinggal 13 bulan lagi akan digelar di Manado. Namun sektor pariwisata sepertinya belum menunjukkan geliat yang signifikan terutama dalam mempersiapkan program-program pariwisata yang bisa mendukung pelaksanaan WOC. Sebab bagaimanapun  kedatangan sekitar 3000 peserta termasuk para pemimpin Negara tidak hanya sekedar menggikuti WOC, tetapi juga bakal menikmati objek-objek wisata yang ada di Bumi Nyiur Melambai ini.

Sekretaris Komisi D Deprov Sulut, James Karinda, SH kepada SINERGY mewarning Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sulawesi Utara untuk mempersiapkan segala sesuatu, baik itu penataan objek-objek wisata, mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang handal khususnya para pekerja hotel dan restoran sebagai etalase sektor pariwisata. “Jika pelayanan hotel dan restoran buruk, maka akan berdampak kurang baik bagi Sulawesi Utara sebagai tuan rumah WOC,” kata Ketua Fraksi PDIP Sulut yang kini sedang bertarung memperebutkan posisi Ketua DPC PDIP Kota Manado.

Sektor Pariwisata memang diandalkan untuk meraup keuntungan di masa yang akan datang. Sebab, paling tidak begitu mereka datang dan pulang, ada kesan yang baik sehingga mereka akan kembali dalam bentuk kunjungan wisata. Makanya sektor pariwisata sebagai etalase harus menata diri dengan baik.

Berbicara SDM di sektor pariwisata, menurut Karinda sudah semakin membaik, terutama di kalangan perhotelan. Para karyawan sudah dilatih melayani sesuai dengan kompetensi masing-masing, apalagi bagi kalangan manajer, semuanya sudah memenuhi syarat atau standar pelayanan yang prima.

Hanya saja yang menjadi kendala sekarang ini adalah pelayan restoran yang belum sepenuhnya siap menghadapi WOC. SDM yang ada masih perlu dilatih lagi bagaimana etika melayani yang baik sesuai standar international, apalagi  melayani tamu – tamu peserta WOC. ”Ini yang mengkhawatirkan sehingga perlu kepedulian dari Dinas Pariwisata,” kata James Karinda.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sulut, Drs Edwin Silangen ketika ditemui Sinergy mengemukakan, pihaknya begitu peduli dengan upaya peningkatan SDM di lingkungan Pariwisata antara lain mengadakan pelatihan bagi karyawan restoran agar memiliki kompetensi sesuai bidang tugasnya. ”Pelatihan terus kami lakukan secara bertahap sehingga sektor Pariwisata boleh siap menghadapi WOC,” kata Silangen meyakinkan.
 
MANADO DIUNTUNGKAN

Seiring dengan program WOC oleh Pemprov Sulut,   Kota Manado sebenarnya paling diuntungkan terutama dalam mempersiapkan Manado Kota Pariwisata Tahun 2010 yang sudah dicanangkan Walikota Manado Jimmy Rimba Rogi S.Sos. Sebab, dengan WOC semua infrastruktur jalan dan jembatan dipacu sehingga Manado sebagai tuan rumah mendapat keuntungan.

Makanya, koordinasi  antara Pemprov dan Pemkot sangat penting agar bisa mencapai tujuan bersama. Jangan justru Pemkot Manado seenaknya sendiri tanpa melakukan koordinasi dengan Pemprov. ”Koordinasi memang sudah berjalan, tetapi sebaiknya lebih ”mesra” lagi,” kata James Karinda.

Ia menjelaskan, dengan adanya WOC, sejumlah proyek-proyek penting terus digenjot antara lain perluasan jalan Bandara Sam Ratulangi, Jembatan Megawati, Manado Outer Ring Road II (Maumbi-Bengkol) dan Jembatan Ir. Soekarno serta proyek-proyek prestisus lainnya. Misalnya sejumlah hotel berbintang terus dibangun sehingga menambah jumlah kamar yang sangat memungkinkan mendukung Manado Kota Pariwisata Dunia 2010. ”WOC membawa multiplier effect, terutama pertumbuhan ekonomi karena masuknya proyek – proyek besar dibarengi dengan mengucurnya triliun rupiah ke Sulut. Kita harus dukung program ini, paling tidak menjaga keamanan bersama, menjadi tuan rumah yang baik,” kata Ketua Komisi D yang membidangi Pariwisata. (mel)   

March 15, 2008 - Posted by | TrustNews

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: