Sibosnetwork’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

“Cukup Satu Periode”

Tonny Supit 02

Bagi banyak kalangan, ketika menjadi seorang pemimpin apa saja, apalagi menduduki posisi empuk dan memiliki kekuasaan yang besar, terkadang lupa diri. Ibarat sebuah pepatah, jika sudah duduk lupa untuk berdiri.

Tapi bagi Tonny Supit, pepatah itu tidak akan berlaku. Sebab jauh sebelumnya ia sudah bertekad untuk tidak tamak ketika diberikan kesempatan memimpin Sitaro ke depan. “Saya kira cukup satu periode saja dan memberikan kesempatan kepada kader lain agar penyegaran dalam tubuh eksekutif terus berlangsung secara berkesinambungan,” katanya dengan nada meyakinkan.

Sepertinya Tonny berprinsip, makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang. “Saya orang yang suka menepati janji,” kata Tonny dengan nada serius. Dengan demikian, ia akan fokus membangun Sitaro tanpa ada niat untuk memperpanjang masa jabatan. Masalahnya jika ingin berkuasa lagi, waktu dan energi habis hanya untuk mengatur strategi bagaimana supaya bisa berkuasa lagi.

Ia memberi contoh, bagi mereka yang ingin mempertahankan kekuasan, satu tahun pertama akan digunakan untuk penyesuaian termasuk penataan birokrasi agar benar-benar solid. Kemudian tiga tahun untuk membangun dan satu tahun terakhir digunakan untuk mempersiapkan Pilkada berikutnya. Dengan demikian, waktu untuk membangun tidak efektif.

Menjawab pertanyaan tentang calon wakil bupati yang akan dipilih jika PDIP Sitaro mengusungnya menjadi calon bupati, Tonny belum berani memastikannya. Namun ia memberi sinyal bahwa pasangan yang paling pas adalah kader Golkar yang mendaftar di PDIP. “Saya tidak enak menentukans sekarang nanti yang lain tersinggung. Biarlah proses ini terus berjalan hingga akhirnya mengkristal,” tukasnya mengakhiri pembicaraan. (meldi s)

March 15, 2008 - Posted by | Personal

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: