Sibosnetwork’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Weky Nellisen: Gagal jadi Pilot, Sukses di Asuransi

BERAWAL dari kegagalan untuk menjadi penerbang, Weky Nellisen akhirnya berkiprah dalam dunia asuransi yang sama sekali berbeda dengan disiplin ilmu yang ditekuninya. Sebab latarbelakang ilmunya adalah perbankan dan akuntansi.

Setelah dinyatakan gagal menjadi siswa penerbang di Curug tahun 1986 karena alasan kesehatan yang tidak memungkinkan (gagal medis), Nellisen merambah dunia Asuransi Belanda yang ada di Jakarta yaitu ING, kemudian pindah ke Asuransi Bank Harapan Sentosa sampai akhirnya perusahaan tersebut dilikuidasi kemudian diambilalih Group Bakrie.

Untuk mencari pengalaman, sejumlah perusahaan asuransi dirambah oleh putra ‘Belanda’ kelahiran Manado ini, antara lain Sinar Mas lalu Eka Life. Dan kesan yang paling berharga adalah ketika ia memulai karir dalam dunia asuransi dari strata yang paling bawah yaitu sebagai agen. Padahal biasanya orang Manado ketika mencari pekerjaan maunya langsung pegang jabatan empuk. Tak heran kalau banyak yang gagal mendapat pekerjaan di Jakarta karena ingin cepat sukses dengan jabatan dan pendapatan yang menggiurkan. “Gaji pertama saya hanya Rp 250.000/bulan dan itu berlaku selama 6 bulan,” katanya seraya menambahkan, ternyata asuransi itu harus mulai dari bawah, naik turun bis diterpa sinar matahari pada tahun l991. Dan sebagai klien pertama adalah perusahaan Bimantara Group. Begitu dapat nasabah gede sekelas Bimantara, uang transport langsung terasa kecil sekali. Tak heran banyak petugas asuransi tergiur menjadi agen selamanya karena fee yang didapat lumayan menggiurkan.

Menurut Nellisen, dalam dunia asuransi memang ada dua pilihan, pertama ingin menjadi seorang profesional atau mengejar karir. Kalau profesional hanya sekedar mengejar fee. Sementara mereka yang mengejar karir tentu mengesampingkan fee/komisi, tapi dapat mewujudkan ilmu yang didapat. “Percuma sekolah tinggi-tinggi kalau hanya mengejar komisi,” tukasnya meyakinkan. Dalam dunia asuransi Nellisen banyak belajar dan mengetahui banyak hal. “Dalam marketing aset yang paling penting adalah pergaulan. Makanya saya putuskan masuk jalur asuransi dengan mengejar karir,” katanya. Bapak dari dua orang putra, masing-masing Razkyla dan Nasyadelle ini terus menambah ilmu lewat seminar-seminar baik dalam maupun luar negeri guna menunjang karirnya.

Ketika masuk asuransi, perkembangan industri asuransi Indonesia masih jauh ketinggalan dibanding negara tetangga. Makanya dunia asuransi ketika itu terus mengupayakan peningkatan kualitas SDM dengan menambah wawasan, pelatihan baik dalam maupun luar negeri.

Nellisen menilai Kota Manado berkembang begitu pesat. Sebab ia meninggalkan Manado pada tahun l986 dan nanti pulang kampung tahun 2001. Namun dibanding daerah lainnya, katanya perkembangan Kota Manado agak lambat. “Orang Manado paling banyak marketing asuransi. Bahkan banyak polis yang dibuka tetapi nilainya tidak sebesar daerah lain.” Katanya seraya meambahkan, dalam dunia asuransi sekarang ini, investasi duit diputar, sehingga ikut asuransi bukan lagi sekedar persiapan untuk mati.

Khusus Manado, potensi pasar asuransi cukup tinggi karena didukung dengan sikap emosional /gengsi tinggi. Bahkan kadang-kadang yang bayar polis orang lain. Sementara di daerah lain, pemerintah memberikan asuransi kepada setiap keluarga. Lelaki kelahiran 23 Juli tahun l967 dan kini memiliki dua putra dan satu istri ini menyoroti perkembangan Manado sekarang ini yang hanya terpusat di kawasan Boulevard Road Manado (Baron). (Mel/AL)

October 1, 2007 - Posted by | Personal

1 Comment »

  1. Luar biasa, you’r the best marketer……….
    pa, skrang saya sedang merintis jd agen asuransi syariah (jiwa+kerugian) di batam tp sekarang lg kebingungan cari nasabah gmn ya cara mudah mendapatkan nasabah???mohon bantuan sarannya ke kamaludin_atu@takaful.com

    terimkasih banyak

    Comment by kamal | November 26, 2008 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: