Sibosnetwork’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Usoh Ubah Konstalasi Politik di Mitra

Drs Nico UsohMencuatnya nama Drs. Nico Usoh di bursa calon Bupati Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) telah mengubah konstalasi politik di daerah yang baru dimekarkan dari Kabupaten Minahasa Selatan ini. Nama Usoh di Kabupaten yang telah diresmikan pada 23 Mei lalu dan kini memiliki penjabat Bupati, Drs Albert Pontoh, MM, memang cukup dikenal. Sehingga gaung pertarungan merebut kursi Bupati definitif yang selama ini telah mengkristalkan sejumlah nama, diantaranya dr Alber Tangel, Drs Jeremia Damongilala, juga Toar Tangkau, SPd, mulai berubah. Nama Usoh mulai digaungkan berbagai kalangan, baik tokoh masyarakat maupun beberapa generasi muda di Mitra.

Buktinya, sejak dengungan Mitra akan di mekarkan dari Minahasa Selatan (Minsel) para kandidat calon bupati Mitra pun berlomba melakukan konsolidasi dan menyosialisasikan diri kepada masyarakat. Tak tanggung-tanggung sejak 2006 lalu mereka (kandidat calon bupati Mitra) melakukan maraton di enam kecamatan untuk melakukan pertemuan dengan konstituennya.

Salah satu calon yang baru mencuat dan dianggap layak serta patut diperhitungkan untuk maju dalam merebut Top Eksekutif di Mitra adalah Drs Nico Usoh MSi. Dengan segudang pengalaman yang dimiliki tokoh masyarakat Ratahan ini, dia dianggap layak untuk memimpin Mitra ke depan.

Pria kelahiran Wioi, Kecamatan Ratahan ini tak perlu diragukan untuk membangun dan mengabdi bagi rakyat Mitra. Karena dengan pengalamannya sebagai birokrat yang berkarir dari bawah, Nico –begitu dia akrab disapa—memiliki keunggulan. Nico sempat menjabat sebagai Camat Tombariri dan berbagai Dinas di Kabupaten Minahasa. Bahkan sejak Minsel berpisah dari Minahasa induk, Bupati Minahasa mempercayakannya sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) hingga sekarang ini. Mengakhiri masa tuganya sebagai birokrat, Nico sekarang mendapat dukungan dari berbagai kalangan di Mitra.

“Dengan segudang pengalaman yang dimiliki pak Nico Usoh di birokrat, kami merasa beliau sangat layak untuk memimpin pemerintahan di Mitra,” demikian komentar tokoh generasi muda Kecamatan Posumaen, Anton Pananginan ketika bertandang di Redaksi SINERGY, Bacaan Torang Samua yang mo Sukses. Lebih lanjut, kata Wakil Bendahara Gerakan Angkatan Muda Kristen (GAMKI) Mitra ini, Pak Nico Usoh, itukan sudah sangat berpengalaman dalam memimpin berbagai dinas di Minahasa dan dianggap paling merakyat di Mitra, apalagi di wilayah Ratahan dan Posumaen. Keadaan ini membuatnya sangat didukung oleh masyarakat. Pak Nico ditokohkan dan paling disegani masyarakat, sebab dia sangat berwibawa dan sangat memperhatikan kepentingan masyarakat kami. Lain halnya dengan tokoh Generasi Muda Ratahan Dolly Kapahang SIK, Jonly Wulur generasi muda dari Belang dan dari tokoh generasi muda Ratatotok Jerry Adam sepakat untuk memberikan dukungan kepada pamong senior ini. Mereka menilai Nico Usoh paling layak untuk diusung sebagai calon Bupati Mitra.

“Jadi dengan dukungan Generasi Muda di empat kecamatan yang memiliki suara yang cukup signifikan, hampir mencapai 60 persen jumlah pemilih di Mitra, dipastikan Usoh akan meraih top eksekutif Mitra,” tutur para generasi muda ini bersemangat. Mereka berharap, partai politik yang berhak untuk mengusung bupati dalam pertarungan di Pilkada nanti, dapat mengakomodir Nico Usoh dalam proses pesta demokrasi tersebut. (OnT/WeB)

June 25, 2007 - Posted by | Personal

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: