Sibosnetwork’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Menjahit Laut Yang Robek

Benar, Indonesia merupakan negara dengan kekayaan maritim yang sungguh luar biasa. Benar pula bahwa dengan laut seluas 5,8 juta km persegi Indonesia menjadi negara terluas lautnya di dunia. Benar juga, karena jumlah 17.508 pulau (sekitar 16.000 di antaranya belum berpenghuni), menjadikan Indonesia sebagai Archipelago State atau Negara Kepulauan dengan pulau terbanyak di jagat raya ini. Dalam hal panjang garis pantai Indonesia diperingkat atas sebagai pemilik pantai terpanjang di dunia.

Oleh karena segala anugerah Tuhan Serwa Sekalian Alam itu, kawasan zamrud khatulistiwa ini mendapat julukan baru sebagai “Benua Maritim Indonesia”, atau pula “Benua Archipelago Nusantara”. Akan tetapi, kekeliruan menggunakan paradigma pembangunan dengan terlalu mengacu kepada pendekatan kontinental yang sentralistik feodalistik telah berakibat fatal bagi Indonesia di masa kini.

Tulisan di atas terdapat di cover belakang buku yang fenomenal yang ditulis Jeffrey Rawis, diterbitkan awal tahun 2005, dengan judul MENJAHIT LAUT YANG ROBEK. Paradigma “Archipelago State” Indonesia. Setelah menerbitkan buku tersebut, Rawis mengadakan seminar di lima kota, Jakarta, Batam, Surabaya, Bali dan Manado rentang waktu akhir bulan Februari sampai dengan bulan Juni tahun 2005.

Bukan suatu kebetulan minggu lalu ada pertemuan tujuh daerah kepulauan di Manado, Sulawesi Utara yang dihadiri masing-masing Gubernur, dengan hasil komitmen pemerintah untuk menambah 25% dari Dana Alokasi Umum (DAU) pada tahun 2008 bagi ketujuh daerah kepulauan. Walaupun menurut rekomendasi hasil pertemuan tersebut seharusnya 50% dari DAU.

Apakah rentang waktu dua tahun dari sejak kelahiran buku MLYR menurut kita cepat atau lambat diantisipasi oleh pemerintah SBY ya kita lihat saja. Menurut informasi yang layak dipercaya presiden SBY memiliki buku MLYR ini.***

June 25, 2007 - Posted by | SiBOStorial

1 Comment »

  1. Paling tidak ada reaksi dari pemerintah ya ..:-) memang sih terkesan lambat dalam bereaksi. Ehm…saya rasa artikel ini juga aspiratif lho mendorong pembaca untuk lebih responsif dalam menangani permasalahan.

    Ainy

    Comment by ainyfauziyah | June 17, 2008 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: