Sibosnetwork’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Pengembangan SDM Sulut

Pertengahan Februari 2007 ini, tepatnya tanggal 14 yang lalu, hari yang paling bersejarah bagi warga Sulawesi Utara, dimana ketika itu putra-putri terbaik bangsa ini, kita sebut saja diantaranya Ch Ch Taulu, BW Lapian dan Nona Politton, bersinergi dengan Pemerintah Pusat (meski tanpa garis komando) melakukan satu prestasi yang prestisius. Momentum besar ini yakni keberanian Negeri Sulawesi merobek bendera Belanda dan mengibarkan Bendera Merah Putih sebagai satu-satunya bendera kebangsaan Bangsa Indonesia.

Nah, dihari tanggal heroik ini, Kantor Tabloid SINERGY mendapat kehormatan dikunjungi Direktur Pengendalian Penerapan Kebijakan & Program (PPKP) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Pusat, Ir Robert Jeffrey Lumempouw, MSi. Tamu kehormatan ini disambut langsung Pemimpin Umum/Pemred Ir Ronald Lumempouw didampingi Pimpinan Perusahan, Rudyard A. Riswan L., SE dan Pimpinan Redaksi Drs B. Wilson Lumi.

Kunjungan ini selain ingin melihat dari dekat penerbitan Tabloid SINERGY yang pro pembangunan, juga dimaksudkan untuk membagi wawasan, cara berpikir nasional, mengedepankan kepentingan publik dengan tidak meninggalkan nilai-nilai budaya, historis dan etika.

Dalam diskusi singkat yang juga diikuti segenap kru Tabloid SINERGY, mantan Kakanwil Badan Pertanahan Nasional DKI Jakarta, Bung Robby -begitu ia akrab disapa- membuka wawasan berpikir kita dengan ucapan, “Bangsa yang besar memang tidak harus meninggalkan nilai-nilai kebangsaan.” Nilai-nilai kebangsaan seperti menumbuhkan komitmen kebangsaan yang mengutamakan kepentingan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan akselerasi di berbagai bidang guna mewujudkan masyarakat yang demokratis dan sejahtera.

Mendengar ini, kita teringat dengan pemikiran Gubernur Sulawesi Utara, Drs SH Sarundajang yang juga mengangkat isu tersebut, sebagaimana yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2005-2010. Hanya sayangnya, meskipun sejumlah poin penting yang dinilai dapat mempercepat terwujudnya sasaran pembangunan ini sudah diangkat, namun masih kurang direspon di tingkat pelaksana sehingga outcome-nya saja sulit dicapai.

Menurut Bung Robby, kelemahan ini bersumber dari kurangnya SDM berkapasitas daya pikir (minimal) sama searah, sama dalam dengan Gubernur. Kritik sekaligus tantangan bagi kita “Tou Kawanua” untuk memacu diri, agar dapat memahami sekaligus bisa menjalankan, khususnya program-program brilian yang telah dicanangkan Gubernur Sarundajang dalam RPJMD yang telah di-Perda-kan itu, memang perlu dijawab. Pemerintah Daerah sudah cukup jeli. Perhatian di bidang pendidikan yang sasarannya menciptakan kader-kader bangsa, menciptakan puluhan atau ratusan bahkan kalau bisa ribuan Sarundajang-Sarundajang baru, pun dilakukan. Sebab, bila tidak memberi stress disana, bisa benar apa yang sering kita dengar dalam berbagai pertemuan: ”Gubernur so lari saratus, orang Sulut (terlebih aparatnya) lari sapuluh,” Jika demikian, hasilnya“tong tau pasti,” kata Bung Robby sambil tersenyum dan mengangkat kedua tangannya sebatas dada.

Dalam RPJMD, Pemerintah Propinsi memang telah menata beberapa alternatif dalam hal pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) mulai dari tingkat pendidikan anak usia dini, program wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun, pendidikan menengah, pendidikan tinggi sampai program pendidikan luar sekolah, peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan, serta program manajemen pelayanan pendidikan. Jika demikian, itu berarti programnya sudah baik. Jadi yang diperlukan kini tinggal aplikasinya, bagaimana menumbuhkan nilai-nilai kebangsaan, diantaranya komitmen yang mengutamakan kepentingan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dalam akselerasi di berbagai bidang guna mewujudkan masyarakat yang demokratis dan sejahtera. Sejalan dengan inilah, Tabloid SINERGY Bacaan Orang (mau) Sukses (SiBOS) Network hadir. Semoga bermanfaat.***

February 26, 2007 - Posted by | SiBOStorial

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: