Sibosnetwork’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Kwan Kong

Legenda Rakyat Tounsawang

Menurut cerita orang kampung dulunya di tahun 200 di dataran Minahasa datang seorang keturunan cina yang dikenal dengan nama Kwan Kong, kemudian menetap di tanah Minahasa tepatnya di daerah Tounsawang. Di sana Kwan Kong diangkat menjadi kepala suku di jaman itu. Dan sempat mempersunting anak suku Tounsawang yang bernama Rosalina Kosegeran (adik tiri dari Dotu Oki Manopo). Mengapa dikatakan adik tiri dari Dotu Oki, karena menurut cerita, ibu dari Dotu Oki dan Rosalina ini dua kali kawin. Dalam perkawinan pertama mendapatkan anak namanya Dotu Oki dan perkawinan kedua mendapatkan anak Rosalina Kosegeran.

Perkawinan kedua suku yang berbeda ini (Kwan Kong dan Rosalina Kosegeran), menghasilkan tiga anak yakni; Guan Sing, Lien Hua dan ….. anak kedua dari Kwan Kong ini dikenal memiliki danau yang dipenuhi dengan teratai. Danau ini terdapat di daerah hutan Tounsawang. Diyakini danau ini, tidak sembarang orang boleh ke tempat tersebut, karena diyakini sebagai tempat keramat. Lebih unik lagi, menurut cerita tempat itu bila orang ke danau tersebut dan tujuannya tidak tulus, dia tidak akan melihat dan menemukan danau tersebut. Menghilang dari pandangan mata. Apabila kita telah berada di danau itu, kita tidak bisa mengambil airnya, tanpa restu dari “penunggu” atau tuan danau. Karena air danau Lien Hua memiliki khasiat khusus yakni bila seorang pria membawa air danau, maka gadis yang akan kita temui dan menghirup bau dari air itu maka orang yang menghirupnya akan ikut bersama-sama dengan orang yang membawa air tersebut (seperti terhipnotis). Hal ini yang berbahaya bila salah menggunakannya. Karena itu tidak sembarangan orang mendapat restu dari pemilik danau Lien Hua untk membawa air danau tersebut. Kwan Kong di zaman itu menjadi kepala suku Tounsawang karena dia memiliki kemampuan berperang, yang tak terkalahkan. Sosok Kwan Kong yang berwatak keras dan melindungi rakyatnya, membuat dia sangat dikenal di jaman itu. Kwan Kong di dataran Cina dikenal sebagai panglima perang yang tangguh, dan di takuti di dataran Cina. Sekarang ini bila sudah ada petunjuk di mana tempat peristirahatan Kwan Kong di Tounsawang, maka ada rencana untuk membangun sebuah Klenteng Kwan Kong di Tounsawang, tapi tepatnya di mana masih dalam tahap pencarian lokasi yang tepat.*

Versi Internet

Guan Yu lahir tahun 162 – meninggal 219 = 57 thn Guan Yu dilahirkan negara bagian Xie (bagian wilayah dari Yuncheng, Shanxi). Tahun dimana ia dilahirkan tidak ditemukan dalam catatan sejarah, tetapi diperkirakan tahun kelahiran Guan Yu tahun 160. “Gong” artinya Tuan, gelar kehormatan, sementara “Guan” adalah nama keluarga. Oleh karena itu Guan Gong artinya “Tuan Guan”. Nama sebenarnya adalah Guan Yu. Ini adalah nama dimana ia mulai berkarir di militer.

Guan Yu sebenarnya punya 2 istri, istri pertamanya bernama Hu Jin-ting merupakan ibu kandung dari Guan Ping dan Guan Suo. Hu Jinting meninggal sewaktu berada di Jingzhou. Sepeninggal Hu, Liu Bei menjodohkan seorang istri lagi bagi Guan Yu. Tidak ada catatan mengenai nama istri keduanya ini, namun istri keduanya ini melahirkan Guan Xing dan seorang anak perempuan. Jadi dugaan mengenai Guan Yu mempunyai anak perempuan memang benar adanya.

Silsilah keluarga Guan Yu yang lebih teliti didapat dari nisan Guan Yu yang ditemukan secara tidak sengaja pada masa kekuasaan Kaisar Kangxi, di kampung halaman Guan Yu, Jiezhou ditemukan papan nisan kuburan Guan Yu sewaktu penggalian sebuah sumur. Di dalamnya dituliskan bahwa Guan Yu mempunyai istri dan anak kandung. Di dalam San Guo Zhi sendiri, pernah dicatat bahwa Guan Ping adalah anak kandung Guan Yu, bukan anak angkat seperti yang banyak dipercayai orang.

Guan Gong – DEWA PERANG
Dalam mitologi China
Macam2 nama :
Changsheng, Chang-Yun, Chang-Sheng, Guan-di, Guan Gong, Guan Kong, Guân Yǔ, Kuan Kong, Kuan-Kung, Kuan Ti, Kwan Kong, Kwan Kung, Kuan Yu, Yunchang, Zhang-Sheng, Zhang-Yun,

Name in Buddhism: Sangharama Bodhisattva

Deity name : Saintly Emperor

Guan, Lord Guan, Lord Guan the Second, Lord of Magnificent Beard, God of Guan

February 26, 2007 - Posted by | Opini

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: